Ekonomi

Gaduh Wacana Rice Cooker Gratis Untuk Orang Miskin – Kabar Ekonomi

0



Jakarta, SIARKABAR.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewacanakan bagi-bagi 680 penanak nasi elektronik alias rice cooker gratis untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia.

Selain itu, wacana ini diklaim mendukung program Presiden Jokowi dalam pemanfaatan energi bersih yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Wacana bagi-bagi rice cooker mulanya dilemparkan oleh Sub-koordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Edy Pratiknyo di DPR, Jumat (25/11).

Ia menyebut bantuan penanak nasi listrik (BPNL) tersebut akan disalurkan ke seluruh Indonesia melalui APBN Kementerian ESDM 2023.

Dadan juga mengungkapkan Kementerian ESDM tengah mengalokasikan pendanaan program tersebut sebesar Rp340 miliar untuk paling sedikit 680 ribu rice cooker.

Ia mengklaim dana alokasi dana tersebut saat ini sudah masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Ditjen Ketenagalistrikan Tahun Anggaran (TA) 2023 sebagai Output Cadangan.

Usai melemparkan wacana itu, Kementerian Keuangan ikut buka suara. Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan rencana anggaran untuk pengadaan penanak nasi elektronik (rice cooker) gratis dari Kementerian ESDM belum tercantum dalam APBN 2023.

“Seingat saya tidak ada rencana kegiatan pembelian rice cooker di APBN 2023,” ujar Isa kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/11) lalu.

Isa juga menyebut jika Kementerian ESDM ingin menambah anggaran untuk program rice cooker, itu belum memungkinkan. Sebab, tahun anggarannya pun belum dimulai.

Sejumlah pihak juga ikut mengkritik wacana bagi-bagi rice cooker, salah satunya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019 Susi Pudjiastuti.

Dalam akun Twitternya, Susi menilai alih-alih digunakan untuk bagi-bagi rice cooker, sebaiknya alokasi anggaran tersebut bisa digunakan untuk membangun 30 gedung sekolah dengan 6 ruang kelas baru, atau menggratiskan tagihan listrik masyarakat kurang mampu selama satu tahun.

Tak berselang lama, Menteri ESDM Arifin Tasrif pun menjelaskan rencana bagi-bagi rice cooker gratis masih dalam tahap pembahasan.

Namun demikian, Arifin tidak merinci apakah usulan bagi-bagi rice cooker gratis itu muncul dari kalangan internal Kementerian ESDM atau bukan.

“Usulan yang ada kan rice cooker. Masih belum pasti, banyak aspek yang harus dievaluasi,” katanya kepada wartawan di Kantor ESDM, Jumat (2/12).

[Gambas:Video CNN]

(cfd/sfr)






Source

Editor

Menko Polhukam Mahfud MD: Liga 1 Kembali Digelar tanpa Penonton – Kabar Olahraga

Previous article

Guru Besar Unair: Usung Ganjar-Erick Jadi Capres-Cawapres Langkah Rasional – Kabar Politik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi